Beliau adalah
seorang ulama penyusun SIMTUD DUROR, yang mana isi kitab tersebut berupa
manaqib tentang rosululloh SAW. SIMTUD DUROR selalu di baca oleh para jamaah
majlis-majlis taklim dan pada peringatan maulid nabi SAW.Beliau dilahirkan di
HADROMAUT tepatnya di qosam pada hari jumat 24 syawal 1259H.Beliau dibesarkan
di bawah asuhan dan pengawasan kedua orang tuanya; ayahandanya, Al-Imam Al-Arif
Billah Muhammad bin Husin bin Abdullah Al-Habsyi dan ibundanya; As-Syarifah
Alawiyyah binti Husain bin Ahmad Al-Hadi Al-Jufri, yang pada masa itu terkenal
sebagai seorang wanita yang solihah yang amat bijaksana. Bagaimanakah masa
kecil beliau dan dakwahnya kemudian?
Pada
usia yang amat muda, Habib Ali Al-Habsyi telah mempelajari dan mengkhatamkan
Al-Quran dan berhasil menguasai ilmu-ilmu zahir dan batin sebelum mencapai usia
yang biasanya diperlukan untuk itu. Oleh karenanya, sejak itu, beliau diizinkan
oleh para guru dan pendidiknya untuk memberikan ceramah-ceramah dan pengajian-
pengajian di hadapan khalayak ramai, sehingga dengan cepat sekali, dia menjadi
pusat perhatian dan kekaguman serta memperoleh tempat terhormat di hati setiap
orang. Kepadanya diserahkan tampuk kepimpinan tiap majlis ilmu, lembaga
pendidikan serta pertemuan- pertemuan besar yang diadakan pada masa itu.
Selanjutnya, beliau melaksanakan tugas-tugas suci yang dipercayakan padanya
dengan sebaik-baiknya. Menghidupkan ilmu pengetahuan agama yang sebelumnya
banyak dilupakan. Mengumpulkan, mengarahkan dan mendidik para siswa agar
menuntut ilmu, di samping membangkitkan semangat mereka dalam mengejar
cita-cita yang tinggi dan mulia. Untuk menampung mereka, dibangunnya Masjid
“Riyadh” di kota Seiwun (Hadhramaut), pondok- pondok dan asrama-asrama yang
diperlengkapi dengan berbagai sarana untuk memenuhi keperluan mereka, termasuk
soal makan-minum, sehingga mereka dapat belajar dengan tenang dan tenteram,
bebas dari segala pikiran yang mengganggu, khususnya yang bersangkutan dengan
keperluan hidup sehari-hari.
Bimbingan dan asuhan beliau seperti ini telah
memberinya hasil kepuasan yang tak terhingga dengan menyaksikan banyak sekali
di antara murid-muridnya yang berhasil mencapai apa yang dicitakannya, kemudian
meneruskan serta menyiarkan ilmu yang telah mereka peroleh, bukan sahaja di
daerah Hadhramaut, tetapi tersebar luas di beberapa negeri lainnya – di Afrika
dan Asia, termasuk di Indonesia. Di tempat-tempat itu, mereka mendirikan
pusat-pusat dakwah dan penyiaran agama, mereka sendiri menjadi perintis dan
pejuang yang gigih, sehingga mendapat tempat terhormat dan disegani di kalangan
masyarakat setempat. Pertemuan- pertemuan keagamaan diadakan pada berbagai
kesempatan. Lembaga- lembaga pendidikan dan majlis-majlis ilmu didirikan di
banyak tempat, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan dalam ruang
lingkup yang luas sekali. Beliau meninggal dunia di kota Seiwun, Hadhramaut,
pada hari Ahad 20 Rabi’ul Akhir 1333 H dan meninggalkan beberapa orang putera
yang telah memperoleh pendidikan sebaik-baiknya dari beliau sendiri, yang
meneruskan cita-cita beliau dalam berdakwah dan menyiarkan agama. Di antara
putera-putera beliau yang dikenal di Indonesia ialah puteranya yang bongsu;
Al-Habib Alwi bin Ali Al- Habsyi, pendiri Masjid “Riyadh” di kota Solo
(Surakarta). Dia dikenal sebagai peribadi yang amat luhur budi pekertinya,
lemah-lembut, sopan- santun, serta ramah-tamah terhadap siapa pun terutama kaum
yang lemah, fakir miskin, yatim piatu dan sebagainya. Rumah kediamannya selalu
terbuka bagi para tamu dari berbagai golongan dan tidak pernah sepi dari
pengajian dan pertemuan- pertemuan keagamaan. Beliau meninggal dunia di kota
Palembang pada tanggal 20 Rabi’ul Awal 1373 H dan dimakamkan di kota Surakarta.
Banyak sekali ucapan Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang telah dicatat dan
dibukukan, di samping tulisan-tulisannya yang berupa pesan-pesan ataupun
surat-menyurat dengan para ulama di masa hidupnya, juga dengan keluarga dan
sanak kerabat, kawan-kawan serta murid- murid beliau, yang semuanya itu
merupakan perbendaharaan ilmu dan hikmah yang tiada habisnya. Dan di antara
karangan beliau yang sangat terkenal dan dibaca pada berbagai kesempatan di
mana-mana, termasuk di kota-kota di Indonesia, ialah risalah kecil ini yang
berisi kisah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan diberinya judul “Simtud Duror
Fi Akhbar Maulid Khairil Basyar wa Ma Lahu min Akhlaq wa Aushaf wa Siyar
(Untaian Mutiara Kisah Kelahiran Manusia Utama; Akhlak, Sifat dan Riwayat
Hidupnya). Konon menurut cerita diwajah beliau tepatnya dibawah mata ada garis
hitam, garis hitam tersebut adalah bekas linangan air mata yang selalu mengalir
saat di mengenang dan mengingat baginda rosululloh SAW, karena rasa sangat
cintanya kepada Rosululloh SAW beliau menyusun kitab SIMTUD DUROR
No comments:
Post a Comment