Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin
Alwy Al-haddad, lahir hari Rabu, Malam Kamis tanggal 5 Bulan Syafar 1044 H di
Desa Sabir di Kota Tarim, wilayah Hadhromaut, Negeri Yaman.
Nasab
Beliau adalah seorang Imam Al-Allamah
Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-haddad bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin
Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Abu Bakar Al–Thowil bin Ahmad bin Muhammad bin
Abdullah bin Ahmad Al-Faqih bin Abdurrohman bin Alwy bin Muhammad Shôhib
Mirbath bin Ali Khôli’ Qosam bin Alwi bin Muhammad Shôhib Shouma’ah bin Alwi
bin Ubaidillah bin Al-Muhâjir Ilallôh Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqîb bin
Ali Al-Uraidhi bin Imam Jakfar Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal
Abidin bin Imam As-Sibth Al-Husein bin Al-Imam Amirul Mukminin Ali bin Abi
Tholib suami Az-Zahro Fathimah Al-Batul binti Rosulullah Muhammad SAW.
Orang-tuanya
Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad,
Ayah Syaikh Abdullah Al-Haddad dikenal sebagai seorang yang saleh. Lahir dan
tumbuh di kota Tarim, Sayyid Alwy, sejak kecil berada di bawah asuhan ibunya
Syarifah Salwa, yang dikenal sebagai wanita ahli ma’rifah dan wilayah. Bahkan
Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad sendiri banyak meriwayatkan
kekeramatannya. Kakek Al-Haddad dari sisi ibunya ialah Syaikh Umar bin Ahmad
Al-Manfar Ba Alawy yang termasuk ulama yang mencapai derajat ma’rifah sempurna.
Suatu hari Sayyid Alwy bin Muhammad
Al-Haddad mendatangi rumah Al-Arif Billah Syaikh Ahmad bin Muhammad Al-Habsy,
pada waktu itu ia belum berkeluarga, lalu ia meminta Syaikh Ahmad Al-Habsy
mendoakannya, lalu Syaikh Ahmad berkata kepadanya, ”Anakmu adalah anakku, di
antara mereka ada keberkahan”. Kemudian ia menikah dengan cucu Syaikh Ahmad
Al-Habsy, Salma binti Idrus bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Al-Habib Idrus
adalah saudara dari Al-Habib Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Yang mana
Al-Habib Husein ini adalah kakek dari Al-Arifbillah Al-Habib Ali bin Muhammad
bin Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy (Mu’alif Simtud Durror). Maka
lahirlah dari pernikahan itu Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad. Ketika
Syaikh Al-haddad lahir ayahnya berujar, “Aku sebelumnya tidak mengerti makna
tersirat yang ducapkan Syaikh Ahmad Al-Habsy terdahulu, setelah lahirnya
Abdullah, aku baru mengerti, aku melihat pada dirinya tanda-tanda sinar
Al-wilayah (kewalian)”.
Masa Kecil
Dari semenjak kecil begitu banyak
perhatian yang beliau dapatkan dari Allah. Allah menjaga pandangan beliau dari
segala apa yang diharomkan. Penglihatan lahiriah Beliau diambil oleh Allah dan
diganti oleh penglihatan batin yang jauh yang lebih kuat dan berharga. Yang
mana hal itu merupakan salah satu pendorong beliau lebih giat dan tekun dalam
mencari cahaya Allah menuntut ilmu agama.
Pada umur 4 tahun beliau terkena
penyakit cacar sehingga menyebabkannya buta. Cacat yang beliau derita telah membawa
hikmah, beliau tidak bermain sebagaimana anak kecil sebayanya, beliau habiskan
waktunya dengan menghapal Al-Quran, mujahaddah al-nafs (beribadah dengan tekun
melawan hawa nafsu) dan mencari ilmu. Sungguh sangat mengherankan seakan-akan
anak kecil ini tahu bahwa ia tidak dilahirkan untuk yang lain, tetapi untuk
mengabdi kepada Allah SWT.
Dakwahnya
Berkat ketekunan dan akhlakul karimah
yang beliau miliki pada saat usia yang sangat dini, beliau dinobatkan oleh
Allah dan guru-guru beliau sebagai da’i, yang menjadikan nama beliau harum di
seluruh penjuru wilayah Hadhromaut dan mengundang datangnya para murid yang
berminat besar dalam mencari ilmu. Mereka ini tidak datang hanya dari
Hadhromaut tetapi juga datang dari luar Hadhromaut. Mereka datang dengan tujuan
menimba ilmu, mendengar nasihat dan wejangan serta tabarukan (mencari berkah),
memohon doa dari Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Di antara murid-murid senior
Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah putranya, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin
Alwy Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Zein bin Alwy bin Ahmad bin Muhammad
Al-Habsy, Al-Habib Ahmad bin Abdullah Ba-Faqih, Al-Habib Abdurrohman bin
Abdullah Bilfaqih, dll.
Selain mengkader pakar-pakar ilmu
agama, mencetak generasi unggulan yang diharapkan mampu melanjutkan perjuangan
kakek beliau, Rosullullah SAW, beliau juga aktif merangkum dan menyusun
buku-buku nasihat dan wejangan baik dalam bentuk kitab, koresponden
(surat-menyurat) atau dalam bentuk syair sehingga banyak buku-buku beliau yang
terbit dan dicetak, dipelajari dan diajarkan, dibaca dan dialihbahasakan,
sehingga ilmu beliau benar-benar ilmu yang bermanfaat. Tidak lupa beliau juga
menyusun wirid-wirid yang dipergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan
bermanfaat untuk agama, dunia dan akhirat, salah satunya yang agung dan
terkenal adalah Rotib ini. Rotib ini disusun oleh beliau dimalam Lailatul Qodar
tahun 1071 H.
Akhlaq dan Budi Pekerti
Al-Imam Al-Haddad (rahimahullah)
memiliki perwatakan badan yang tinggi, berdada bidang, tidak terlalu gempal,
berkulit putih, sangat berhaibah dan tidak pula di wajahnya kesan mahupun parut
cacar.
Wajahnya sentiasa manis dan
menggembirakan orang lain di dalam majlisnya. Ketawanya sekadar senyuman manis;
apabila beliau gembira dan girang, wajahnya bercahaya bagaikan bulan. Majlis
kendalian beliau sentiasa tenang dan penuh kehormatan sehinggakan tidak
terdapat hadhirin berbicara mahupun bergerak keterlaluan bagaikan terletak
seekor burung di atas kepala mereka.
Mereka yang menghadhiri ke majlis
Al-Habib bagaikan terlupa kehidupan dunia bahkan terkadang Si-lapar lupa hal
kelaparannya; Si-sakit hilang sakitnya; Si-demam sembuh dari demamnya. Ini
dibuktikan apabila tiada seorang pun yang yang sanggup meninggalkan majlisnya.
Al-Imam sentiasa berbicara dengan
orang lain menurut kadar akal mereka dan sentiasa memberi hak yang sesuai
dengan taraf kedudukan masing-masing. Sehinggakan apabila dikunjungi pembesar,
beliau memberi haknya sebagai pembesar; kiranya didatangi orang lemah, dilayani
dengan penuh mulia dan dijaga hatinya. Apatah lagi kepada Si-miskin.
Beliau amat mencintai para penuntut
ilmu dan mereka yang gemar kepada alam akhirat. Al-Habib tidak pernah jemu
terhadap ahli-ahli majlisnya bahkan sentiasa diutamakan mereka dengan kaseh
sayang serta penuh rahmah; tanpa melalaikan beliau dari mengingati Allah walau
sedetik. Beliau pernah menegaskan “Tiada seorang pun yang berada dimajlisku
mengganguku dari mengingati Allah”.
Majlis Al-Imam sentiasa dipenuhi
dengan pembacaan kitab-kitab yang bermanfaat, perbincangan dalam soal keagamaan
sehingga para hadhirin sama ada yang alim ataupun jahil tidak akan berbicara
perkara yang mengakibatkan dosa seperti mengumpat ataupun mencaci. Bahkan tidak
terdapat juga perbicaraan kosong yang tidak menghasilkan faedah. Apa yang
ditutur hanyalah zikir, diskusi keagamaan, nasihat untuk muslimin, serta rayuan
kepada mereka dan selainnya supaya beramal soleh. Inilah yang ditegaskan oleh
beliau “Tiada seorang pun yang patut menyoal hal keduniaan atau menyebut
tentangnya kerana yang demikian adalah tidak wajar; sewajibnya masa diperuntuk
sepenuhnya untuk akhirat sahaja. Silalah bincang perihal keduniaan dengan
selain dariku.”
Al-Habib (rahimahullah) adalah contoh
bagi insan dalam soal perbicaraan mahupun amalan; mencerminkan akhlak junjungan
mulia dan tabiat Al-Muhammadiah yang mengalir dalam hidup beliau. Beliau
memiliki semangat yang tinggi dan azam yang kuat dalam hal keagamaan. Al-Imam
juga sentiasa menangani sebarang urusan dengan penuh keadilan dengan
menghindari pujian atau keutamaan dari oramg lain; bahkan beliau sentiasa
mempercepatkan segala tugasnya tanpa membuang masa. Beliau bersifat mulia dan
pemurah lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan. Ciri inilah menyebabkan ramai orang
dari pelusuk kampung sering berbuka puasa bersama beliau di rumahnya dengan
hidangan yang tidak pernah putus semata mata mencari barakah Al-Imam.
Al-Imam menyatakan “Sesuap makanan
yang dihadiahkan atau disedekahkan mampu menolak kesengsaraan”. Katanya lagi
“Kiranya ditangan kita ada kemampuan, nescaya segala keperluan fakir miskin
dipenuhi, sesungguhnya permulaan agama ini tidak akan terdiri melainkan dengan
kelemahan Muslimin”.
Beliau adalah seorang yang memiliki
hati yang amat suci, sentiasa sabar terhadap sikap buruk dari yang selainnya
serta tidak pernah merasa marah. Kalaupun ia memarahi, bukan kerana peribadi
seseorang tetapi sebab amalan mungkarnya yang telah membuat Al-Imam benar-benar
marah. Inilah yang ditegaskan oleh Al-Habib “Adapun segala kesalahan berkait
dengan hak aku, aku telah maafkan; tetapi hak Allah sesungguhnya tidak akan
dimaafkan”.
Al-Imam amatlah menegah dari mendoa’
agar keburukan dilanda orang yang menzalimi mereka. Sehingga bersama beliau
terdapat seorang pembantu yang terkadangkala melakukan kesilapan yang boleh
menyebabkan kemarahan Al-Imam. Namun beliau menahan marahnya; bahkan kepada
si-Pembantu itu diberi hadiah oleh Al-Habib untuk meredakan rasa marah beliau
sehinggakan pembantunya berkata: “alangkah baiknya jika Al-Imam sentiasa
memarahiku”.
Segala pengurusan hidupnya
berlandaskan sunnah; kehidupannya penuh dengan keilmuan ditambah pula dengan
sifat wara’. Apabila beliau memberi upah dan sewa sentiasa dengan jumlah yang
lebih dari asal tanpa diminta. Kesenangannya adalah membina dan mengimarahkan
masjid. Di Nuwaidarah dibinanya masjid bernama Al-Awwabin begitu juga, Masjid
Ba-Alawi di Seiyoun, Masjid Al-Abrar di As-Sabir, Masjid Al-Fatah di Al-Hawi,
Masjid Al-Abdal di Shibam, Masjid Al-Asrar di Madudah dan banyak lagi.
Diantara sifat Al-Imam termasuk
tawaadu’ (merendah diri). Ini terselah pada kata-katanya, syair-syairnya dan
tulisannya. Al-Imam pernah mengutusi Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Aidarus.
“Doailah untuk saudaramu ini yang lemah semoga diampuni Allah”
Wafatnya
Beliau wafat hari Senin, malam Selasa,
tanggal 7 Dhul-Qo’dah 1132 H, dalam usia 98 tahun. Beliau disemayamkan di
pemakaman Zambal, di Kota Tarim, Hadhromaut, Yaman. Semoga Allah melimpahkan
rohmat-Nya kepada beliau juga kita yang ditinggalkannya.
Habib Abdullah Al Haddad dimata Para
Ulama
Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam
Habib Umar bin Abdurrohman Al-Athos ra. mengatakan, “Al-Habib Abdullah
Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman ini, sebab
beliau termasuk orang terdahulu, hanya saja ditunda kehidupan beliau demi
kebahagiaan umat di zaman ini (abad 12 H)”.
Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin
Abdullah Al-Idrus ra. mengatakan, “Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah
Sultan seluruh golongan Ba Alawy”.
Al-Imam Arifbillah Muhammad bin
Abdurrohman Madehej ra. mengatakan, “Mutiara ucapan Al-Habib Abdullah Al-Haddad
merupakan obat bagi mereka yang mempunyai hati cemerlang sebab mutiara beliau
segar dan baru, langsung dari Allah SWT. Di zaman sekarang ini kamu jangan
tertipu dengan siapapun, walaupun kamu sudah melihat dia sudah memperlihatkan
banyak melakukan amal ibadah dan menampakkan karomah, sesungguhnya orang zaman
sekarang tidak mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak berhubungan (kontak
hati) dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah SWT telah menghibahkan
kepada beliau banyak hal yang tidak mungkin dapat diukur.”
Al-Imam Abdullah bin Ahmad Bafaqih ra.
mengatakan, “Sejak kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad bila matahari mulai
menyising, mencari beberapa masjid yang ada di kota Tarim untuk sholat sunnah
100 hingga 200 raka’at kemudian berdoa dan sering membaca Yasin sambil
menangis. Al-Habib Abdullah Al-Haddad telah mendapat anugrah (fath) dari Allah
sejak masa kecilnya”.
Sayyid Syaikh Al-Imam Khoir Al-Diin
Al-Dzarkali ra. menyebut Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai fadhillun min ahli
Tarim (orang utama dari Kota Tarim).
Al-Habib Muhammad bin Zein bin Smith
ra. berkata, “Masa kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah masa kecil yang
unik. Uniknya semasa kecil beliau sudah mampu mendiskusikan masalah-masalah
sufistik yang sulit seperti mengaji dan mengkaji pemikiran Syaikh Ibnu
Al-Faridh, Ibnu Aroby, Ibnu Athoilah dan kitab-kitab Al-Ghodzali. Beliau tumbuh
dari fitroh yang asli dan sempurna dalam kemanusiaannya, wataknya dan
kepribadiannya”.
Al-Habib Hasan bin Alwy bin Awudh
Bahsin ra. mengatakan, “Bahwa Allah telah mengumpulkan pada diri Al-Habib
Al-Haddad syarat-syarat Al-Quthbaniyyah.”
Al-Habib Abu Bakar bin Said Al-Jufri
ra. berkata tentang majelis Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai majelis ilmu
tanpa belajar (ilmun billa ta’alum) dan merupakan kebaikan secara menyeluruh.
Dalam kesempatan yang lain beliau mengatakan, “Aku telah berkumpul dengan lebih
dari 40 Waliyullah, tetapi aku tidak pernah menyaksikan yang seperti Al-Habib
Abdullah Al-Haddad dan tidak ada pula yang mengunggulinya, beliau adalah Nafs
Rohmani, bahwa Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah asal dan tiada segala sesuatu
kecuali dari dirinya.”
Seorang guru Masjidil Harom dan
Nabawi, Syaikh Syihab Ahmad al-Tanbakati ra. berkata, “Aku dulu sangat
ber-ta’alluq (bergantung) kepada Sayyidi Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani.
Kadang-kadang dia tampak di hadapan mataku. Akan tetapi setelah aku ber-intima’
(condong) kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad, maka aku tidak lagi melihatnya.
Kejadian ini aku sampaikan kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Beliau
berkata,’Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di sisi kami bagaikan ayah. Bila yang
satu ghoib (tidak terlihat), maka akan diganti dengan yang lainnya. Allah lebih
mengetahui.’ Maka semenjak itu aku ber-ta’alluq kepadanya.”
Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi ra.
seorang murid Al-Habib Abdullah Al-Haddad yang mendapat mandat besar dari
beliau, menyatakan kekagumannya terhadap gurunya dengan mengatakan, ”Seandainya
aku dan tuanku Al-Habib Abdullah Al-Haddad ziaroh ke makam, kemudian beliau
mengatakan kepada orang-orang yang mati untuk bangkit dari kuburnya, pasti
mereka akan bangkit sebagai orang-orang hidup dengan izin Allah. Karena aku
menyaksikan sendiri bagaimana dia setiap hari telah mampu menghidupkan
orang-orang yang bodoh dan lupa dengan cahaya ilmu dan nasihat. Beliau adalah
lauatan ilmu pengetahuan yang tiada bertepi, yang sampai pada tingkatan
Mujtahid dalam ilmu-ilmu Islam, Iman dan Ihsan. Beliau adalah mujaddid pada
ilmu-ilmu tersebut bagi penghuni zaman ini. ”
Syaikh Abdurrohman Al-Baiti ra. pernah
berziaroh bersama Al-Habib Abdullah Al-Haddad ke makam Sayidina Al-Faqih
Al-Muqoddam Muhammad bin Ali Ba’Alawy, dalam hatinya terbetik sebuah pertanyaan
ketika sedang berziaroh, “Bila dalam sebuah majelis zikir para sufi hadir
Al-Faqih Al-Muqaddam, Syaikh Abdurrohman Asseqaff, Syaikh Umar al-Mukhdor,
Syaikh Abdullah Al-Idrus, Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, dan yang semisal
setara dengan mereka, mana diantara mereka yang akan berada di baris depan?
Pada waktu itu guruku, Al-Habib Abdullah Al-Haddad, menyingkap apa yang ada
dibenakku, kemudian dia mengatakan, ‘Saya adalah jalan keluar bagi mereka, dan
tiada seseorang yang bisa masuk kepada mereka kecuali melaluiku.’ Setelah itu
aku memahami bahwa beliau Al-Habib Abdullah Al-Haddad, adalah dari abad 2 H,
yang diakhirkan kemunculannya oleh Allah SWT pada abad ini sebagai rohmat bagi
penghuninya.”
Al-Habib Ahmad bin Umar bin Semith ra.
mengatakan, “Bahwa Allah memudahkan bagi pembaca karya-karya Al-Habib Abdullah
Al-Haddad untuk mendapat pemahaman (futuh), dan berkah membaca karyanya Allah
memudahkan segala urusannya agama, dunia dan akhirat, serta akan diberi ‘Afiat
(kesejahteraan) yang sempurna dan besar kepadanya.”
Al-Habib Thohir bin Umar Al-haddad ra.
mengatakan, “Semoga Allah mencurahkan kebahagiaan dan kelapangan, serta rezeki
yang halal, banyak dan memudahkannya, bagi mereka yang hendak membaca
karya-karya Al-Quthb Aqthob wal Ghouts Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad
ra.”
Al-Habib Umar bin Zain bin Semith ra.
mengatakan bahwa seseorang yang hidup sezaman dengan Al-Habib Abdullah
Al-Haddad ra., bermukim di Mekkah, sehari setelah Al-Habib Abdullah Al-Haddad
wafat, ia memberitahukan kepada sejumlah orang bahwa semalam beliau ra. sudah
wafat. Ketika ditanya darimana ia mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap hari, siang
dan malam, saya melihat beliau selalu datang berthowaf mengitari Ka’bah
(padahal beliau berada di Tarim, Hadhromaut). Hari ini saya tidak melihatnya
lagi, karena itulah saya mengetahui bahwa beliau sudah wafat.”
Karya-karyanya
Beliau meninggalkan kepada umat Islam
khazanah ilmu yang banyak, yang tidak ternilai, melalui kitab-kitab dan
syair-syair karangan beliau. Antaranya ialah:
1. An-Nashaa’ih Ad-Dinniyah
Wal-Washaya Al-Imaniyah.
2. Ad-Dakwah At Tammah.
3. Risalah Al-Mudzakarah Ma’al-Ikhwan
Wal-Muhibbin.
4. Al Fushuul Al-Ilmiyah.
5. Al-Hikam.
6. Risalah Adab Sulukil-Murid.
7. Sabilul Iddikar.
8. Risalah Al-Mu’awanah.
9. Ittihafus-Sa’il
Bi-Ajwibatil-Masa’il.
10. Ad-Durrul Manzhum Al-Jami’i
Lil-Hikam Wal-Ulum.
No comments:
Post a Comment